Perlombaan Desa Tahun 2011

Print

LAPORAN HASIL KEGIATAN PROGRAM LOMBA DESA / KELURAHAN TINGKAT KABUPATEN SELATAN TAHUN 2011

 
A. PENDAHULUAN
Bahwa dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan perlu dilakukan Peningkatan Kelembagaan, Motivasi dan Swadaya Gotong Royong masyarakat di Desa/Kelurahan. Perlombaan Desa ini sangat perlu dilaksanakan karena dapat memotivasi Masyarakat di Perdesaan untuk lebih berperan aktif dalam partisifasi membangun Desa.

Penyelenggaraan Perlombaan Desa juga dijadikan indikator/barometer untuk mengevaluasi sampai dimana tingkat keberhasilan Pembangunan di Perdesaan itu. Di dalam perlaksanaan Perlombaan Desa ini juga bisa melihat sampai dimana pelaksanaan Program – program Pemerintah yang telah diberikan selama ini, baik APBN, APBD Provinsi ataupun APBD Kabupaten sendiri.

B. DASAR PELAKSANAAN

  1. Surat Gubernur Sumatera Selatan Nomor : 414/0202/PMPD-II/2011 Tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa, Kelurahan dan LPM / KPM Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2011.
  2. Surat Keputusan Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Nomor : 120/KPTS/PMPD/2011 Tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2011.


C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah tercapainya Pembangunan di Perdesaan / Kelurahan serta peningkatan partisipasi Masyarakat dalam membangun Desa.

D. TANGGAL DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini pada dasarnya diikuti oleh 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, namun dalam hal ini berdasarkan Musyawarah Panitia Tim Penilai Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, sebagaimana berikut dibawah ini :
1.    Desa Sri Menanti Kecamatan Buay Pemaca sebagai Terbaik Pertama.
2.    Desa Gunung Cahya Kecamatan Buay Rawan Terbaik Kedua.
3.    Desa Suka Marga Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.

Dengan Penetapan Desa Terbaik sebagaimana diatas, Desa Sri Menanti yang ditunjuk untuk mewakili Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2011 yang telah dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 26 April 2011.


E. PEMBIAYAAN
Pembiayaan kegiatan ini dibebankan kapada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun Anggaran 2011, melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

F. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari seluruh yang telah kami laksanakan ditingkat Kabupaten, maupun tingkat Provinsi kami menyimpulkan masih lemahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam partisifasinya membangun Desa, hal ini disebabkan pula oleh lemahnya Sumber Daya Manusia rata-rata di Perdesaan.

B. Saran
Mengingat pentingnya pelaksanana Perlombaan Desa/Kelurahan, disarankan kepada Dinas/Instansi agar benar-benar menjalankan Program-Program Pemerintah yang telah dilalksanakan sesuai dengan instansinya masing-masing, supaya dapat menyentuh pembangunan di Perdesaan. Dan diharapkan Program-Program ke depan  jangan hanya Pembangunan Fisik saja, Pembangunan SDM juga sangat menyentuh dalam Kemajuan masyarakat dalam suatu Daerah.

G. PENUTUP
Demikianlah hal-hal yang dapat kami laporkan dari kegiatan Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dari Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Semoga kami dapat lebih meningkatkan lagi dalam pelaksanaan Kegiatan ini yang akan datang. Kegiatan Lomba Desa Tahun Anggaran 2011 ini akan kami jadikan acuan kami untuk perbaikan pada masa-masa yang akan datang.

 

LAPORAN HASIL KEGIATAN P2W-KSS

Print



LAPORAN HASIL KEGIATAN PROGRAM TERPADU PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU  KELUARGA SEHAT DAN SEJAHTER(P2W-KSS)  TINGKAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN
TAHUN 2011


A. Pendahuluan

Dalam rangka Pelaksanaan lomba Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2W-KSS) maka perlu dilakukan Peningkatan Peran Wanita Dalam Pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya alam dan Lingkungan. Perlombaan P2W-KSS di Desa sangat perlu dilaksanakann karena dapat memitivasi ibu-ibu PKK di Desa untuk lebih berperan dalam 10 Program Pokok PKK.

Penyelenggaraan Perlombaan Desa juga dijadikan indikator/barometer untuk mengevaluasi sampai dimana tingkat keberhasilan Pembangunan di Perdesaan itu. Di dalam perlaksanaan Perlombaan Desa ini juga bisa melihat sampai dimana pelaksanaan Program – program Pemerintah yang telah diberikan selama ini, baik APBN, APBD Provinsi ataupun APBD Kabupaten sendiri.

B. DASAR PELAKSANAAN

  1. Surat Gubernur Sumatera Selatan Nomor : 414/0204/PMPD-II/2011 Tentang Penyelenggaraan Perlombaan P2W-KSS Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2011.
  2. Surat Keputusan Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Nomor : 120/KPTS/PMPD/2011 Tentang Pembentukan TIM penilai Pelaksanaan Lomba Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS) dan 10 Program Pokok PKK Desa / Kelurahan Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2011

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah terwujudnya dan berkembangnya Keluarga Sehat, Sejahtera dan Bahagia.

D. TANGGAL DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan ini pada dasarnya diikuti oleh 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, namun dalam hal ini berdasarkan Musyawarah Panitia Tim Penilai Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan , sebagaimana berikut ditunjuk 3 (Tiga) Desa Terbaik Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, yaitu :
1. Desa Pagar Dewa Kecamatan Warkuk Ranau Selatan sebagai Terbaik Pertama.
2. Desa Serakat Jaya Kecamatan Buay Pemaca Terbaik Kedua.
3. Desa Suka Marga Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.

Dengan Penetapan Desa Terbaik sebagaimana diatas, Desa Pagar Dewa yang ditunjuk untuk mewakili Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2011 yang telah dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 3 Mei 2011.

E. SUSUNAN DAN KEANGGOTA PANITIA PELAKSANA LOMBA P2W-KSS TINGKAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN TAHUN 2011

1. Penanggung Jawab
Sekretaris daerah kabupaten ogan komering ulu selatan

2. Pengarah

  • Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Kepala  BAPPEDA Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan


3. Ketua Pelaksana
Kasi Pemerintahan Desa Kantor Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

4. Wakil Ketua Pelaksana
M.Iqbal Surya,S.Kom Staf Kantor Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

5. Sekretaris
Hely Andriani,Se Staf Kantor Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

6. Anggota

  • Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Kepala Dinas Pertanian, Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Kepala Badan Keluarga Berencana Dan Pp Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Kepala Sat Pol PP  Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Ketua Tp-Pkk Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Destri Andriani Staf Kantor Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
  • Hasrin Ahmadi Staf Kantor Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan


7. Staf Sekretariat

  • Erwanson
  • Eni dian
  • Wayan budi asih
  • Tri apri utami
  • M. Novrin